Hendra Jatmika Pristiwa

Music Is My Passion, While Excellence Is My Priority

Salam Perantauan – 6ixth Sense: Lagu Yang Mewakili Isi Hati Para Perantau Di hari Raya

Di Bulan Ramadhan yang merupakan bulan suci bagi umat Islam, banyak dibuat hal-hal khusus bertema Ramadhan ataupun Hari raya lebaran (Idul Fitri) yang bernuansa religi. Mulai dari iklan produk di media elektronik, cetak, dan online, penjual produk-produk perlengkapan muslim, hingga lagu bernuansa islami. Dalam tulisan kali ini, Saya akan memperkenalkan sebuah lagu dari grup Band asal Negeri Jiran Malaysia yang tentunya juga bernuansa lebaran. Lagu tersebut berjudul Salam Perantauan.
Personel Band yang baru saja merilis lagu Salam Perantauan di Bulan Ramadhan 2017 ini berasal dari Malaysia dan Indonesia. Tentu sebagian besar pembaca tulisan ini, terutama yang merupakan pendengar lagu di Malaysia sudah bisa menebak nama Band yang Saya maksud. Karena memang tidak banyak atau mungkin hanya satu-satunya Grup Band di Malaysia yang personelnya berasal dari dua Negara. Band tersebut adalah 6ixth Sense.
Grup Band yang beranggotakan lima orang dan telah berdiri selama lebih dari sebelas tahun tersebut memang sudah lama Saya kenal dan telah beberapa kali bekerja sama dengan Saya. Kali ini Mereka mempercayakan aransmen lagu Salam Perantauan untuk Saya kerjakan. Adi, Vokalis 6ixth Sense, yang saat pengerjaan aransemen lagu berkomunikasi dengan Saya, meminta untuk memasukan unsur musik keroncong ke dalam lagu tersebut. Alasannya agar nuansa tradisional Indonesia lebih terasa kental sehingga memberi kesan bahwa lagu ciptaannya tersebut memang membawa pesan curahan hati seseorang yang berada di perantauan dan ingin menyampaikannya kepada orang-orang di kampung halaman. Lirik lagu Salam Perantauan tentunya memang sesuai dengan pengalaman pribadi Adi yang berasal dari Palu, salah satu Kota di Indonesia. Lagu tersebut juga sesuai dengan perasaan para perantau menjelang hari raya Idul Fitri seperti sekarang.
Seluruh proses pengerjaan aransemen musik Saya kerjakan di Indonesia. Mulai dari proses recording part kerencong, suling, dan beberapa instrumen pendukung lainnya. Selanjutnya proses perekaman vokalnya dilakukan di Malaysia. Mereka akhirnya memutuskan untuk kembali memainkan part Drum dan Bass secara live dengan mengikuti seluruh aransemen yang Saya buat sebelumnya.
Bagi yang ingin mendengarkan lagu Salam Perantauan, silahkan klik link berikut. Selamat mendengarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 3

Hendra Jatmika Pristiwa © 2016