Hendra Jatmika Pristiwa

Music Is My Passion, While Excellence Is My Priority

Menciptakan Lagu Sendiri: Talenta Reva Yang Perlu Terus Diasah

menciptakan lagu sendiri
Memiliki kemampuan bernyanyi atau bermain alat musik bukanlah suatu hal yang istimewa belakangan ini. Karena mulai banyak juga orang yang sudah menguasai beberapa jenis alat musik. Bahkan, ada pula yang bisa bermain alat musik sekaligus bernyanyi. Pencipta lagu juga saat ini semakin mudah ditemui. Namun, menemukan kombinasi talenta bermain beberapa alat musik, bernyanyi, serta menciptakan lagu sendiri, masih sangat jarang. Apalagi yang lebih dari sekedar ‘bisa’, tetapi memang layak untuk disebut berkualitas.
Modernisasi dan globalisasi tentu sudah menjadi istilah yang tidak asing lagi. Kemajuan dan persaingan yang semakin ketat tentu mendorong bahkan memaksa setiap orang yang ingin bertahan bahkan berhasil untuk terus berusaha dan meningkatkan kemampuan. Kecerdasan akademik saat ini tidak lagi menjadi satu-satunya hal yang bisa diandalkan. Orang perlu memiliki kemampuan lain untuk memberikan nilai tambah bagi dirinya. Hal ini berlaku baik dalam pergaulan maupun di dunia kerja.
Revarinda Nur Amalia atau yang biasa dipanggil Reva telah Saya kenal sejak Ia masih menjadi siswi sebuah SMA Negeri di Bandung. Soal kecerdasan, tidak perlu diragukan. Hal ini terbukti dengan diterimanya Reva di Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung. ITB adalah salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia. Jadi mahasiswanya sudah tentu berkualitas secara akademik.
Selain cerdas, Reva yang aktif dalam berbagai kegiatan dan organisasi selama perkuliahan juga memiliki bakat dalam bidang musik yang baik. Selain memiliki suara yang bagus, Ia juga menguasai beberapa jenis alat musik seperti biola, piano, keyboard, dan gitar. Ia juga memiliki kemampuan menciptakan lagu sendiri. Hingga Tahun 2014, Saya sudah mengerjakan aransemen untuk lagu-lagu ciptaan Reva yang berjumlah lebih dari empat lagu. Walaupun lagu-lagu tersebut hanya direkam untuk menyalurkan hobinya, namun bukan berarti karyanya dibuat dengan ‘seadanya’.
Lirik yang dibuat Reva ada yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris. Reva juga mengisi sendiri ‘part’ Biola dalam lagu-lagu tersebut. Mengerjakan aransemen lagu-lagu Reva relatif mudah bagi Saya. Karena kemampuan bermusiknya yang baik membuat Saya tidak perlu bersusah-payah mereka-reka apa yang dimaksud Reva ketika meminta Saya membuatkan musik untuk lagunya.
Pada Tahun 2016 lalu, Gadis yang gemar meng-cover berbagai lagu ini mengikuti sebuah kontes bernyanyi yang diadakan oleh salah satu Televisi suasta Nasional. Ia berhasil menjadi salah satu finalis program Q Academy. Inilah salah satu vidio penampilannya
Berikut ini Saya akan membagikan salah satu lagu yang diciptakan Reva. Lagunya berjudul “Cause I Believe In You”. Lagu ini direkam sekitar Tahun 2011.
Semoga kemampuan Reva dalam bernyanyi, bermain alat musik, dan menciptakan lagu sendiri akan terus meningkat. Sehingga bisa menjadi nilai tambah untuk Reva yang saat ini tinggal dan bekerja di Jogjakarta.
Selamat mendengarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

37 − = 28

Hendra Jatmika Pristiwa © 2016