Hendra Jatmika Pristiwa

Music Is My Passion, While Excellence Is My Priority

Kisah Ku Inginkan: Karya Apik Kolaborasi Siti Nurhaliza dan Judika

Tulisan Saya kali ini menceritakan tentang keterlibatan Saya dalam pengerjaan aransemen musik salah satu lagu pada 2017. Awal 2017 lalu, salah seorang sahabat dan partner bermusik Saya, Ivan Lahardika mengajak Saya untuk mengisi String dalam lagu yang berjudul “Kisah Ku Inginkan”. Lagu dengan durasi sekitar empat menit dua puluh delapan detik itu diciptakan oleh Ivan dan Ia sekaligus mengisi ‘part’ Gitar serta Keyboard pada lagu tersebut.
Lagu “Kisah Ku Inginkan” ternyata dinyanyikan oleh dua Penyanyi bersuara emas yang berasal dari dua Negara serta terdapat dalam Album terbaru dari masing-masing Penyanyinya. Penyanyi pertama yang Saya maksud adalah seorang Diva asal Malaysia yaitu Siti Nurhaliza. Siti yang pada Bulan Mei 2017 lalu merilis Albumnya yang ketujuh belas berjudul “SimetriSiti”, memang telah mengumumkan rencananya meluncurkan Album baru dan mencari sepuluh lagu yang akan masuk ke dalam Albumnya sejak November 2016. Dari sekitar tiga ratusan lagu yang diterima, “Kisah Ku Inginkan” menjadi satu dari sepuluh lagu yang akhirnya dipilih oleh Siti. Menurutnya, hal terpenting yang menjadi kriteria dalam pemilihan lagunya adalah harus mudah diterima dan bagus. Sementara mengenai Penciptanya Ia tidak mengharuskan Pencipta lama atau baru asalkan kualitas aransemen musiknya bagus dan matang.
Selain Siti Nurhaliza, rekan duetnya juga tidak kalah hebat. Siti memilih Judika yang merupakan ‘runner-up’ ajang pencariat bakat Indonesian Idol Tahun 2005 untuk menyanyikan lagu “Kisah Ku Inginkan”. Ide berkolaborasi dengan Judika sebenarnya memang sudah dicetuskan sejak Siti bertemu Judika dan bernyanyi bersama pada Anugerah Planet Musik Tahun 2014. Namun baru berhasil direalisasikan hampir tiga tahun kemudian. Album SimetriSiti yang diedarkan di Indonesia ternyata hanya berisi sembilan lagu. Sebab, lagu “Kisah Ku Inginkan” akan dimuat dalam Album keenam Judika yang berjudul “Judika”. Sehingga tidak terdapat dalam Album Simetrisiti yang beredar di Indonesia.
Meskipun pengerjaan aransemennya telah berlangsung sekitar satu tahun lalu, namun Saya baru memutuskan untuk menulisnya sekarang karena vidio musiknya baru dirilis oleh akun Youtube resmi Siti Nurhaliza pada November 2017 bertepatan dengan Saya yang baru saja mengalami stroke. Sehingga Saya cukup kesulitan mengetik dan mencantumkan berbagai referensi untuk dimuat dalam tulisan ini. Saya cukup bangga karena nama Saya dicantumkan dalam ‘credit title’ yang terdapat dalam Album SimetriSiti serta dimuat pula di Wikipedia. Nama Hendra J Pristiwa sekarang dicantumkan sebagai pengisi String untuk lagu “Kisah Ku Inginkan”, namun Saya yakin dan akan berusaha agar suatu saat nanti Saya dapat diberi kepercayaan dan memiliki andil yang lebih besar sebagai Arranger atau pencipta lagu untuk Penyanyi-Penyanyi sehebat Siti Nurhaliza dan Judika. Terakhir, dengan kualitas dan karakter vokal yang kuat dari Siti Nurhaliza dan Judika, akan membuat lagu “Kisah Ku Inginkan” kembali menjadi salah satu ‘hits’ Mereka berdua baik di Malaysia maupun Indonesia. Tentu saja lirik dan aransemen yang berkualitas menjadi faktor yang tidak kalah penting untuk bisa membuat “Kisah Ku Inginkan” dapat diterima oleh semua penikmat musik dan penggemar Mereka. Untuk mendengarkan lagunya, silahkan klik di akhir tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + = 7

Hendra Jatmika Pristiwa © 2016