Hendra Jatmika Pristiwa

Music Is My Passion, While Excellence Is My Priority

Hidup Ini Adalah Kesempatan – Life For Jesus Project: Aransemen Baru Yang Disambut Hangat

Pada pertengahan Tahun 2017 ini, Saya kembali dipercaya mengerjakan sebuah aransemen lagu rohani Kristen. Lagu yang Saya kerjakan tersebut memang bukan lagu yang masih baru, melainkan aransemen ulang dari lagu yang telah dibuat sejak Tahun 2004. Lagu yang berjudul “Hidup Ini Adalah Kesempatan” diciptakan oleh seorang Pendeta bernama Wilhelmus Latumahina S.Th. Sedangkan yang meminta Saya mengaransemen ulang musiknya adalah sekumpulan jemaat GGP Shalom Bandung yang membentuk sebuah kelompok yang diberi nama “Life For Jesus Project”.
Tidak banyak informasi yang Saya peroleh mengenai Lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan”. Dari deskripsi yang terdapat pada Official Music Video di ‘channel’ Youtube Pendeta Wilhelmus, Saya akhirnya memperoleh sedikit informasi mengenai Lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan”. Awal mula pembuatan Lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan” dilatarbelakangi oleh meninggalnya anak sulung Pendeta Wilhelmus akibat kecelakaan lalu lintas. Kemudian Beliau duduk dalam satu keheningan dan melakukan perenungan hidup. Sejak menciptakan Lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan”, lagu yang terdiri atas dua bait dan satu reff tersebut masih selalu dinyanyikan dalam ibadah oleh para Jemaatnya di Gereja GBI BETHESDA Sarua, Ciputat. Walaupun telah diciptakan sejak belasan tahun lalu, lagu yang juga dinyanyikan oleh Pendeta Wilhelmus ini baru dipublikasikan di ‘channel’ Youtube pribadinya pada 23 Desember 2016. Namun sebenarnya jika melakukan pencarian dengan kata kunci “Hidup Ini Adalah Kesempatan” di Youtube, terdapat banyak versi ‘video cover’ lagu tersebut.
Versi orisinil lagu ini sangat kental dengan nuansa ‘vintage’. Untuk mengubah nuansanya menjadi lebih “kekinian” dan lepas dari ‘style’ yang lama, Saya memutuskan untuk mengubah aransemen musiknya. Cukup banyak pihak yang terlibat dalam proses pengerjaan lagu ini. Beberapa di antaranya adalah Olga Victoria, Pdm. Drs. Darmawan Soetedjo, MBA, Pdt. Drs. Susanto Wibowo, Pdt. Timotius Sumaraw, STH, Loderman Sagala, Pdp. Ray Stephen, Hutama Tedja, dan Aswan Madutujuh sebagai para Vokalis, sementara William Christopher sebagai pemain Saxophone. Saya sendiri juga menjadi Vocal Director pada proses recordingnya. Satu hal yang paling membanggakan bagi Saya, jumlah ‘viewers’ music video ini sejak pertama kali di-upload ke Youtube pada 11 Juli 2017 hingga hari ini (15 Oktober 2017) atau dalam waktu sekitar tiga bulan telah mencapai lebih dari delapan ratus lima puluh ribu ‘viewers’. Hal ini tentu merupakan pencapaian yang baik karena dalam waktu yang relatif singkat lagu ini telah didengarkan dan disaksikan oleh banyak orang, bahkan jauh melampaui jumlah ‘viewers’ versi originalnya. Bagi Saya sendiri, ini adalah aransemen musik lagu rohani dengan jumlah ‘viewers’ terbanyak yang pernah Saya kerjakan hingga saat ini. Semoga aransemen musik Lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan” yang Saya buat dapat semakin membangun suasana religius dan membuat makna yang terkandung di dalam lirik lagunya dapat ditangkap dengan baik oleh semua pendengar.
Berikut ini adalah Lagu “Hidup Ini Adalah Kesempatan” versi Life For Jesus Project. Selamat menyaksikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 72 = 77

Hendra Jatmika Pristiwa © 2016