Hendra Jatmika Pristiwa

Music Is My Passion, While Excellence Is My Priority

Aransemen Lagu Islam: Ash Sholatu Alan Nabi – Ocha

Selama sekitar dua tahun membuat website ini, sudah puluhan lagu hasil aransemen Saya yang Saya bagikan di sini. Mulai dari aransemen lagu untuk Penyanyi profesional Indonesia serta Malaysia, hingga lagu-lagu rohani dan lagu daerah. Lagu yang akan Saya bagikan dalam postingan ini adalah sebuah aransemen lagu islam.
Penyanyi yang menyanyikan lagu berjudul “Ash Sholatu ‘Alan Nabi” ini bernama Ocha. Lirik lagu ini merupakan salah satu pujian atau shalawat. Lagu berbahasa Arab ini sudah dinyanyikan oleh banyak Penyanyi di berbagai Negara sejak lama.
Ocha adalah Putri salah satu teman Saya yang merupakan seorang Pianis tunanetra. Saat itu, Ayah Ocha menyadari potensi bernyanyi yang dimiliki Ocha. Namun karena Ia tidak paham mengenai teknologi di bidang aransemen musik, Ia meminta Saya untuk membuatkan aransemen dan merekam vokal Ocha.
Aransemen lagu islam tersebut Saya kerjakan pada Tahun 2005. Jadi bisa dikatakan bahwa lagu itu merupakan salah satu aransemen di awal masa Saya menekuni bidang Digital Music Recording. Saat itu perangkat dan software yang Saya gunakan masih sangat sederhana.
Hampir seluruh sound yang Saya gunakan dalam lagu ini berasal dari Keyboard Yamaha. Hanya Bass yang Saya mainkan langsung.
Memang di Tahun 2005 VST dan sound modul sudah cukup banyak tersedia. Namun saat itu Saya belum bisa mengaksesnya. Sehingga Saya mencoba memanfaatkan dan memaksimalkan alat yang Saya miliki dan yang masih bisa Saya gunakan. Bagi Saya sendiri, hasil aransemen lagu islam ini belum maksimal. Saya membaginya sekarang sebagai perbandingan masa awal Saya menjadi penata musik digital hingga sekarang. Selain itu Saya juga ingin menyampaikan bahwa kemauan adalah hal yang lebih penting dibanding sekedar menunggu kondisi yang idal untuk memulai suatu pekerjaan.
Saya membuat rekaman aransemen lagu islam ini saat Ocha masih berumur sekitar sepuluh tahun dan masih duduk di kelas lima SD. Sekarang Ocha sedang menempuh pendidikan di Jurusan Pendidikan Seni Musik, Universitas Pendidikan Indonesia.
Selamat mendengarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 2 =

Hendra Jatmika Pristiwa © 2016